Jumat, 17 April 2009

Kepentingan untuk ikut berperan

9 April telah berlalu, saat dimana warga sebuah negara sedang memperhitungkan hidupnya untuk nusa dan bangsanya.

Terlalu beragam cara pandang setiap orang mengenai kejadian ini, dari yang cukup ingin andil sebagai bukti warga yang baik, ada yang pergi liburan karena menghadapi 4 harilibur yang belum tentu ada dalam 6 bulan sekali, ada yang ingin berperan tapi malah golput alias "golongan luput" dan banyak lagi.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa sih kok harus ada proses ini, bukankah pergantiannya kadang tidak mengakibatkan pergantian. Dan bukankah yang keberadaanya tidak berpengaruh ketidakberadaanya juga tidak berpengaruh. Ternyata logika ini tidak selalu menghasilkan jawaban yang sama setiap kali ditanyakan.

Yang juga harus dicermati adalah ternyata kehadiran peraturan baru dalam peristiwa ini juga mengandung konsekwensi, dimana golongan tertentu yang lebih mengenyam pendidikan politik bisa mendapatkan manfaat dari ketidak-tahuan warga kebanyakan akan haknya untuk mencantumkan nama wakil pilihannya melainkan hanya memilih kendaraannya, padahal tanpa nama wakil yang dipilihnya, kursi yang dihasilkan hanya akan dibagikan kepada wakil yang namanya dipilih. Kalau tidak cermat dalam hal ini golongan tertentu bisa mendapatkan keuntungan dan golongan warga kebanyakan hanya akan bingung kalau hal itu sudah terjadi, karena sejalan dengan undang-undang bahkan kendaraan yang membuat daftar urut nama wakilpun tidak dapat mencampuri lagi hasil pemilihan nama calon wakil mana, yang akan pergi menjadi wakil warga selama lima tahun, katanya.

Saya berlindung kepada Tuhan untuk tidak terjadinya dominasi golongan tertentu dari manapun yang lebih melek politik dalam perwakilan warga, yang akan mengecewakan warga kebanyakan yang tidak dapat lagi berbuat apa-apa dan tidak tahu mesti bagaimana

Benarlah kiranya bahwa bisa ditimpakan sebuah kerusakan masal kepada sebuah negeri secara masal yang walaupun tidak ikut berbuat kebathilan. Ternyata peran serta para cerdik pandai yang melek hukum politik sejak awal penyelenggaraan acara semacam ini sangat diperlukan untuk meminimalisasi efek besar yang kadang karena ketidaktahuan warga kebanyakan bisa mungkin terjadi.

Selamat bereforia, jangan lupa untuk memberikan informasi apapun yang anda punya kepada orang lain, jangan pernah lupa membagi makna, karena jangan-jangan banyak orang bisa mendapatkan manfaat darinya

salam, robby

Tidak ada komentar:

Posting Komentar